CARA PEMASANGAN AUDIO MOBIL (HEAD UNIT)

Sebelum membuka dashboard kendaraan gunakan pembuka plastik supaya panel dashboard tidak lecet. Perhatikan sebelum membuka, jika terasa keras jangan dipaksa periksa terlebih dahulu biasanya dibagian panel dashboard tersebut terdapat baut yang tersembunyi. Buka baut tersebut terlebih dahulu setelah baut terlepas baru membuka panel tempat head unit terpasang. Pakai pembuka plastik untuk membuka pinggiran tepi panel dashboard lepaskan head unit dari bracket tempat dudukan itu. Setelah head unit terlepas lepaskan socket kabel head unit tersebut.



Bagaimana mengetahui kabel negatip dan postip speaker tersebut?

Caranya mudah hubungkan kabel speaker pada kutub batu batere jika konus speaker naik dan turun kabel itu benar, jika sebaliknya konus speaker turun dan naik bisa dipastikan kebel speaker tersebut terbalik. Untuk mengetahui kabel kelistrikan caranya menggunakan tespen. cari kabel setrum ACC terlebih dahulu, kunci kontak kendaraan terlebih dahulu dalam posisi ON. Jika lampu tespen tersebut menyala pada saat kunci kontak On dan tespen mati pada saat kunci kontak OFF berarti kabel tersebut adalah kabel ACC. Setelah itu cari kabel setrum langsung dari ACCU, kunci kontak dalam keadaan OFF. Jika pada saat tespen dihubungkan dengan kabel socket head unit dan lampu tespen menyala padahal kunci kontak OFF. berarti kabel tersebut adalah kabel setrum langsung dari ACCU.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah lampu kecil harus di test terlebih dahulu. Hal ini pernah terjadi jika lampu kecil dinyalakan maka head unit seketika mati. Kenapa demikian? karena kabel ground yang terpasang berasal dari kabel lampu kecil. Setelah Anda mengetahui kabel kelistrikan tersebut sekarang tingggal memasang head unit baru ke dalam dashboard mobil. Terlebih dahulu pasang bracket head unit untuk tempat dudukan, lalu masukan ke dalam dashboar baut terlebih dahulu. Setelah semua baut terpasang tutup kembali panel dashborad mobil. Hidupkan kunci kontak dengarkan apakah head unit mobil semua berfungsi dengan normal.

 Cara memasang speaker mobil

Sebelum memasang speaker mobil, pertama yang harus dilakukan adalah membuka socket panel pintu power window. Lepaskan panel pintu menggunakan pembuka platik. Setelah panel pintu mobil terbuka lepaskan speaker dari dudukanya. cabut socket kabel speaker, lalu pasang dengan speaker mobil terbaru. Setelah speaker terpasang tutup kembali panel pintu mobil. Cara pemasangan speaker ini khusus untuk speaker coaxial. Lain hal untuk speaker split Anda harus membuka pilar panel dashboar untuk meletakan dudukan pada tweeter. Periksa power window apakah berfungsi dengan normal. Biasanya untuk kendaraan baru jika socket power window dilepas setelah dipasang kembali kaca tidak mau turun. Bagaimana cara mengatasinya? cukup mudah hanya tinggal menahan swicth power window beberapa saat, maka kaca akan dapat turun naik dengan normal.

 Langkah selanjutnya adalah mengetahui suara speaker kiri dan kanan dengan cara memutar fader dan balance. Putar Fader depan dan balace kekiri speaker depan kiri harus berbunyi. Lalu putar fader depan dan balance kanan, speaker depan kanan harus terdengar. Putar fader belakang dan balance kiri, speaker kiri belakang harus berbunyi. Putar fader belakang kanan balance kanan, speaker belakang kanan harus terdengar.  Jika semua speaker semuanya berfungsi dengan normal maka pemasangan head unit mobil sudah selesai. Anda hanya perlu untuk seting suara musik sesuai dengan selera musik anda.

Untuk pemasangan speaker split cara membuka panel pintu kendaraan sama, yang berbeda adalah cara pemasangan kabel. Speaker split menggunakan pasive crossover,jadi sebelum kabel speaker tersebut terhubung, harus melalui croosover pasive terlebih dahulu. Kabel speaker depan kiri dan kanan hubungkan dengan terminal crossover midrange. Kabel speaker tweeter hubungkan dengan terminal pasive crossober tweeter. Kabel input pada terminal crossover pasive untuk dihubungkan dengan head unit mobil.

Letakan pasive crossover agak jauh dengan jalur kelistrikan mobil. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah storing karena kabel speaker sangat rentan terhadap induksi gelombang elektromagnetik. Biasanya peletakan crossover pasive ditaruh pada bawah karpet kursi kendaraan. Sekarang selesai sudah Panduan Instalasi Head Unit dan Speaker Mobil untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin belajar instalasi audio Mobil .



CHANEL YOUTUBE  JANGAN LUPA MAMPIR DOLOR

0 Response to "CARA PEMASANGAN AUDIO MOBIL (HEAD UNIT) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel